5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

Keunikan Naskah Drama Bahasa Sunda Yang Mungkin Tidak Banyak Orang Tahu!

Keunikan Naskah Drama Bahasa Sunda Yang Mungkin Tidak Banyak Orang Tahu! Drama menjadi salah satu bentuk dari karya sastra yang pada dasarnya menjadi sebuah hal wajib yang perlu terus dilestarikan. Ada banyak sekali bentuk drama yang pada dasarnya wajib untuk dipelajari dan kemudian dibudidayakan oleh setiap orang. Terutama drama unik dengan mengedepankan adanya bahasa daerah yang digunakan dalam pertunjukannya. Dengan begitu maka setiap penonton akan bisa mendapatkan kesempatan untuk benar benar menikmati drama yang dipertunjukkan tersebut.

Pada dasarnya sama seperti drama lainnya tentu drama daerah juga banyak mengisahkan tentang keromantisan atau hal yang lainnya. Namun, sebagian besar dari drama sunda sepertinya lebih banyak mengedepankan adanya unsur komedi didalamnya. Susunan dari pemain drama sendiri biasanya terdiri dari 4 orang atau lebih untuk dapat menghidupkan suasana yang ingin dibentuk dalam drama. Tentunya naskah yang digunakan pun adalah bahasa sunda totok yang pada dasarnya cukup sulit untuk dilontarkan oleh masyarakat luar. Ada keunikah tersendiri dari adanya naskah drama yang dibuat dengan menggunakan bahasa sunda tentunya. Perhatikan juga artikel terkait moon ga young drama ini ya.

Berikut Adalah Beragam Keunikan Dari Naskah Drama Bahasa Sunda


drama bahasa sunda
drama bahasa sunda


Pennggunaan bahasa yang khas

Tentunya dalam naskah drama bahasa sunda sendiri pastinya akan lebih banyak mengarah pada penggunaan bahasa sunda. Dimana pada dasarnya bahasa sunda sendiri merupakan sebuah bahasa yang memiliki ciri khas tersendiri dalam pelontarannya. Sehingga hal ini dapat menjadi tantangan tersendiri bagi para pemain untuk dapat beradegan dengan menggunakan bahasa sunda. Seperti adanya percakapan yaitu wilujeng sumping para pamirsah, kapanggih deui sureng abdi sangkir buletet. Tentu dari setiap kata yang dilontarkan akan memberikan kesan tersendiri bagi para penonton yang melihat pertunjukannya.

Sudut pandang para pemain

Jika dibandingkan dengan berbagai bentuk naskah drama lainnya tentu penulisan drama dengan bahasa sunda memiliki tantangan tersendiri. Hal ini dikarenakan sudut pandang yang dimunculkan dalam penulisan naskah drama yang akan di pertunjukkan tentunya. Dengan adanya sudut pandang yang khas tentu akan sangat menghibur para penonton pertunjukan drama tersebut nantinya. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa pada dasarnya kebanyakan dari naskah drama yang dituliskan dalam bahasa sunda sendiri memiliki unsur komedi. Sehingga intonasi dan juga gaya bahasa yang biasanya digunakan dalam naskah sendiri harus dipoles sedemikian rupa agar bisa seru untuk ditonton. Perhatikan juga artikel terkait drama kolosal Surabaya membara ini ya.

Tentunya jika membahas terkait dengan naskah drama bahasa sunda sendiri maka ada banyak sekali beragam keunikan yang dimiliki. Itu saja yang saat ini bisa disampaikan berkaitan dengan beragam keunikan dari naskah drama yang dituliskan dalam bahasa sunda dan semoga bisa bermanfaat.









Related Posts

Related Posts

Posting Komentar