5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

Berbagai Contoh Produk Kerajinan Untuk Pasar Local

Berbagai contoh produk kerajinan untuk pasar local . Kalian sekarang pasti tahu kan jika Negara kita tercinta ini memiliki keaneka ragaman kerajinan, budaya, suku bahasa dan lainnya. Mulai dari ujung barat Indonesia hingga ujung timur semua memiliki ciri khas produk local masing-masing. Pastinya setiap produk dari tiap daerah memiliki ciri dan keunikan tersendiri. Apakah kerajinan dri setiap daerah ini dapat dijadikan peluang bisnis?

Ya, jika kalian jeli dalam melihat setiap peluang pasti akan menemukan ide untuk membangun bisnis. Tak usah ke pasar internasional, di pasar local pun banyak sekali produk-produk yang bisa dijual. Salah satunya ya kerajinan dari masing-masing daerah di bumi pertiwi ini. Lalu apa saja contoh kerajinan yang ada di pasar local? Berikut ini contoh produk yang ada di pasar local Indonesia. Perhatikan juga artikel terkait perencanaan usaha kerajinan untuk pasar local ini ya.

Contoh-Contoh Produk Kerajinan Untuk Pasar Local

 

produk kerajinan untuk pasar lokal
produk kerajinan untuk pasar lokal

Produk kerajinan untuk pasar local kain songket pandai sikek

Produk yang pertama kan songket pandai sikek yang asalnya dari pulau sumatera tepatnya sumatera barat daerah pandai sikek. Daerah pandai sikek memang terkenal sebagai daerah pengrajin khusus kain songket yang menjadi ciri khas sumatera barat. Ciri khas dari songket pandai sikek ini terdapat pada pilihan benang yang berupa benang katun serta benang yang berwarna emas. Benang itu kemudian ditenun dengan cara manual menggunakan alat yang disebut dengan panta. Pandai sikek ini memiliki 3 jenis motif yang ditunjukkan yaitu motif biji bayam, pohon pinang, dan saluak laka.

Produk tas koja dari suku baduy di Banten

Tas ini adalah tas etnik yang menjadi ciri khas dari suku yang mendiami wilayah di daerah kabupaten Lebak, Banten bernama suku baduy. Tas dengan tampilan sederhana ini terbuat dari kulit pohon teureup yang sudah dijemur sampai kering dan kemudian dibelah ukuran kecil. Kulit pohon teureup yang sudah dibelah dalam ukuran kecil kemudian dianyam dengan menggunakan suatu benang untuk menyatukan. Tas koja ini memiliki bentuk selempang sehingga kalian dapat meyilangnya di pundak.Ukuran tasnya pun terbilang lumayan yang bisa memuat barang seperti dompet, ponsel dan masih banyak lagi. Perhatikan juga artikel tentang pasar lokal ini ya.

Memang Yogyakarta selalu identic dengan kain-kain batiknya yang mendunia. Namun tahukah kalian jika di Yogyakarta tepatnya di Kota gede ada kerajinan perak yang mutu dan kualitasnya bagus. Di kota Gede ini lah yang menjadi tempat bermukimnya pengrajin produk kerajinan untuk pasar lokal. Mereka mendesani ribuan model dari kerajinan perak yang bernilai jual tinggi. Jika kalian ingin membeli dengan desain yang berbeda dengan yang lain, kalian dapat melakukan pemesanan kerajinan perak ini dengan desain khusus.







Related Posts

Related Posts

Posting Komentar