5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

Penjelasan, Apa yang dimaksud dengan Investasi Bodong

Investasi Bodong

Pengertian investasi bodong

Investasi bodong adalah bentuk investasi produk keuangan atau bisnis langsung pada perusahaan yang sebenarnya tidak resmi, pendanaan dan pengolahannya tidak jelas, pada umumnya investasi bodong melibatkan dua pihak, yaitu antara si bohong dan si bodoh.

Namun, sebagian besar orang tidak akan bisa membedakan antara investasi bodong dan investasi resmi atau legal. Terlebih lagi kebanyakan investasi bodong memberikan iming-iming yang katanya cukup menjanjikan.

Oleh sebab itu, kebanyakan orang yang belum bisa membedakan antara keduanya akan mudah terjebak dan masuk pada circle nya.

Kebanyakan orang memahami investasi sebagai tindakan yang pasti mendatangkan untung berlipat-lipat. Dengan menanamkan modal sekian pasti akan mendapatkan untung sekian persen dalam jangka waktu tertentu.

Padahal sebenarnya tidaklah demikian, yang namanya investasi seperti apapun bentuknya selalu memiliki risiko kerugian kecuali investasi pada aset yang cenderung stabil seperti emas dan tanah.

Mengenal investasi bodong

Para pelaku investasi bodong biasanya menawarkan produk-produk investasi yang sebenarnya hanyalah penipuan dengan keuntungan yang sangat fantastis, jika calon korban lebih teliti untuk mendapat keuntungan sebesar itu sangatlah mustahil.

Calon korban biasanya diiming-imingi untung sekian persen pada hari kesekian, semakin hari keuntungannya semakin bertambah, serta seperti tidak ada risiko.

Biasanya di awal-awal pelaku penipuan akan melakukan sesuai janjinya, keuntungan ditransfer ke para korban.

Namun setelah berjalan beberapa kali, pengiriman keuntungan mulai macet yang pada akhirnya tidak ada sama sekali dan para penipu tersebut sudah melarikan diri.

Ciri-ciri investasi bodong

Investasi bodong biasanya berjalan pada bentuk investasi produk keuangan atau bisnis langsung. Namun jika calon investor lebih teliti lagi, maka akan menemukan beberapa kejanggalan yang dapat ditemukan. Berikut beberapa ciri-ciri investasi bodong:

1. Mendapat keuntungan yang tidak masuk akal

Keuntungan tidak masuk akal dan juga menjanjikan tidak akan mengalami kerugian, dua hal tersebut biasanya menjadi senjata utama para pelaku investasi bodong untuk mencari calon investor.

Biasanya pelaku investasi bodong menawarkan pada calon investor dengan iming-iming, seperti misalnya cukup berinvestasi Rp 10 juta, kemudian dalam satu bulan setelah itu akan mendapat keuntungan Rp 20 juta.

Mungkin bagi orang yang masih baru masuk dalam dunia investasi, merasa bahwa hal tersebut menjadi sebuah peluang besar untuk mendapatkan keuntungan.

Namun jika calon investor lebih teliti dan paham, maka akan menimbang-nimbang kembali untuk melakukan investasi dengan pertimbangan cara mengetahui investasi bodong kedua berikut.

2. Mendesak atau memaksa untuk bergabung

Mempromosikan atau menawarkan kepada para calon investor dengan cara memberikan tekanan, mendesak, dan memaksa untuk cepat-cepat bergabung.

Biasanya para pelaku investasi bodong memberikan ajakan bergabung dengan alasan jumlah investor yang sangat terbatas, dengan menggunakan kalimat waktu terbatas, mendapat hak eksklusif, dan ajakan menggiurkan agar segera melakukan investasi di perusahaan investasi bodong tersebut.

Hal tersebut bisa dijadikan sebagai acuan bahwa perusahaan investasi tersebut adalah perusahaan investasi bodong. Namun agar lebih yakin lagi mari kita lanjut ke ciri-ciri investasi bodong ketiga berikut.

3. Rekam jejak perusahaan investasi tidak jelas

Perusahaan investasi seharusnya memiliki rekam jejak yang jelas, perusahaan investasi bodong biasanya tidak memberitahukan transparansi rekam jejak mereka secara jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Para pelaku investasi bodong, mereka klaim tentang banyak hal, mulai dari kepuasan investor tetap, memiliki pengalaman di dunia investasi selama bertahun-tahun, telah menerima penghargaan, hingga keuntungan dihasilkan sangat tinggi.

Namun, anehnya ketika kamu mencari tahu semua hal yang dikatakan mereka tidak dapat ditemukan rekam jejak, dan tidak mendapat info data yang lengkap. Jika sudah menemukan perusahaan investasi seperti ini, lebih baik tinggalkan segera.

Jika masih kurang yakin jika perusahaan investasi tersebut adalah perusahaan investasi bodong, mari kita lanjut cara mengecek investasi bodong bagian keempat.

4. Mengeklaim orang terkenal untuk menyakinkan

Para pelaku investasi bodong untuk menyakinkan para calon korban atau calon investor, mereka mengklaim nama orang terkenal bahwa dia pernah bergabung dan telah mendapat keuntungan besar dari berinvestasi di perusahaan mereka.

Tidak tanggung-tanggung, biasanya para pelaku investasi bodong menampilkan nama-nama selebriti, politikus hingga tokoh masyarakat, padahal pada kenyataanya tidak pernah.

Tujuan utama para pelaku investasi bodong tentunya agar memudahkan para calon investor agar yakin dan tertarik. Oleh sebab itu, kita perlu kembali pada poin ketiga, yaitu mengenai rekam jejak perusahaan investasi tersebut.

Jika masih ragu dan belum yakin untuk menentukan bahwa perusahaan investasi tersebut bodong, mari kita lanjut ciri-ciri investasi bodong yang terakhir, yang dapat dijadikan patokan utama.

5. Investasi dilakukan melalui aplikasi perantara

Berinvestasi yang benar seharusnya dilakukan langsung dengan tatap muka antara investor dan pihak perusahaan investasi, tanpa melalui perantara dan sejenisnya.

Namun semakin berkembangnya teknologi, tida bisa dipungkiri lagi. Dengan alasan untuk ke efektifitas dan kemudahan untuk melakukan investasi, perusahaan investasi menawarkan layanan investasi tidak langsung atau melalui web maupun aplikasi.

Sebagai contoh, aplikasi investasi jual beli emas. Konsepnya cukup sederhana, kita hanya perlu membeli emas, dengan membeli sekali bayar atau setor setiap bulannya.

Namun dalam kenyataanya emas yang dibeli tidak berbentuk fisik dan ada kemungkinan besar emas yang telah dibeli sebenarnya tidak akan pernah datang atau bisa dikatakan kita tidak akan dapat emasnya.

Sebagai langkah terakhit kita hanya memerlukan data yang valid untuk digunakan sebagai validasi kepada pihak yang berwenang untuk mengetahui apakah perusahaan investasi tersebut benar-benar telah diakui secara resmi.

Kita hanya perlu melakukan validasi surat-surat dan izin resmi serta terdaftar pada OJK maupun kegiaan pengjimpunan dana sebelumnya pernah dilakukan.

Mengecek dan Mengetahui Investasi Bodong

Sebelum kita memilih untuk berinvestasi, lebih baik untuk memilah baru kemudian memilih untuk bergabung kedalam sebuah investasi, pastikan kita tahu beberapa hal untuk dijadikan acuan utamanya. Berikut cara mengetahui dan mengecek investasi bodong:

1. Pahami dan cari tahu bentuk investasi

Sebelum menyatakan untuk bergabung dan ikut serta menjadi investor pada perusahaan investasi tersebut, kita perlu memahami dan mencari tahu lebih lanjut mengenai investasi yang akan diikuti.

Seperti jenis-jenisnya, apakah investasi yang diberikan tersebut nyata (properti perumahan, perkebunan atau emas) atau finansial investasi (saham) atau pengelolaan saham (reksadana).

2. Tanya pada orang yang pernah berinvestasi

Sebagai pertimbangan untuk bergabung dan ikut serta, maka sangat disarankan untuk menanyakan kepada orang yang pernah melakukan investasi. Sangat disarankan menannyakan kepada orang yang sudah cukup paham dengan dunia investasi.

Jangan pernah sekali-kali mennanyakan kepada orang yang sama-sama sedang melakukan investasi pada perusahaan yang sama. Karena hal tersebut bisa dijadikan jebakan. Berhati-hatilah.

3. Baca dokumen perusahaan investasi dengan teliti

Sebagai seorang calon investor, harus berpikir dan memahami secara menyeluruh serta berhati-hati. Pastikan membaca dokuken kelengkapan yang berisi informasi mengenai prospek investasi kedepannya.

Dokumen tersebut biasanya berisi tetang aspe bisnis seperti profil perusahaan, model investasi, kondisi keuangan, risiko yang mungkin terjadi, dan informasi detai orang yang menjalankan perusahaan.

4. Mengecek validasi perusahaan di OJK

Sangat diperlukan untuk mengetahui apakah perusahaan investasi tersebut telah terdaftar pada OJK atau belum. Karena perusahaan yang telah terdaftar pada OJK sudah dipastikan perusahaan itu aman dan tidak abal-abal.

Kita bisa mengetahui perusahaan telah terdaftar pada OJk atau belum dengan mengecek nya melalui situs web resmi, atau melalui Call Center 1500655.

5. Perusahaan bergantung pada investor baru

Skema ponzi, apakah pernah mendengan kata-kata tersebut? Skema tersebut adalah skema investasi penipuan, dimana keuntungan yang dibayar investor berasal dari uang investor yang baru bergabung.

Kita dapat menandainya, jika kita berinvestasi pada perusahaan terus menerus diminta untuk menambah dana investasi agar mendapatkan keuntungan besar, bisa dipastikan investasi macam itu adalah modus skema Ponzi.

Apakah sudah paham mengenai investasi bodong? Wajib hukumnya bagi seorang calon investor untuk memahami dan mencari info sebanyak mungkin sebelum mematangkan keputusan berinvestasi di suatu perusahaan.

Sangat disarankan untuk menggunakan Google dan media sosial atau relasi untuk mencari tahu lebih lanjut informasi dan reputasi perusahaan investasi. Semoga kita semua terhindar, dijauhkan, dan tidak terjerumus perusahaan investasi bodong.
Related Posts
Choirul Umam
Penulis, Konten Kreator, Desainer Grafis, Editor Foto dan Video

Related Posts

Posting Komentar